Wednesday, June 19, 2013

Cara mencegah timbulnya Rambut Uban Putih Paling Ampuh dan Alami Usia Muda/Tua

Bismillah

Assalamualaikum - Alhamdulillah, hari ini kita masih diberikan kesehatan sang Maha Kuasa dan juga agar kita dapat lebih bersyukur atas kelimpahan rahmat dan rezeki diberikan kepada kita. Hari ini saya sebagai Author Blog "Tips Trik Kesehatan dan kecantikan paling lengkap dan Terkini ini" akan memberikan tutorial yang berjudul Cara mencegah timbulnya Rambut Uban Putih Paling Ampuh dan Alami Usia Muda/Tua yang dapat anda baca dibawah ini :
http://sehatini.blogspot.com/2013/06/
Cara.mencegah.Rambut.Uban.Alami.html
  • Konsumsi Mikronutrien. Terkadang kekurangan mikronutrien tertentu seperti zat tembaga dalam makanan menyebabkan rambut berubah karena produksi melanin menurun. Karena itu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat tembaga seperti lobak hijau, kacang lima, bayam, berry hitam, nenas, delima, kacang almond, biji labu dan daging. Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin setiap hari yang mengandung zat tembaga.
  • Jaga Cairan Tubuh. Produksi melanin menurun karena berkurangnya asupan mineral tembaga. Karena itu, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari untuk mencegah timbulnya uban, seperti minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi. Dianjurkan juga memperbanyak minum air putih. Kurangi kafein dan alkohol, serta tingkatkan konsumsi air. Perhatikan juga jumlah makan makanan yang berlemak dan mengandung oksidan tinggi seperti gorengan, makanan pedas dan asam setiap harinya karena makanan ini dapat mengurangi kadar air dalam tubuh dan kelembaban. Kurangnya kelembaban menghalangi nutrisi mencapai kantung pada rambut yang berakibat pada memutihnya rambut.
  • Tidur Cukup. Tidur merupakan waktu terbaik untuk relaksasi tubuh serta menurunkan tingkat stres. Selain itu, tidur yang cukup akan membuat anda tampak awet muda.
  • Makan Makanan yang Mengandung Vitamin B12 dan Omega-3. Kekurangan vitamin B12 dan Omega-3 mengakibatkan rambut memutih lebih cepat. Makanlah makanan yang kaya akan B12 seperti telur, keju, sapi, pisang, ikan dan daging domba dan unggas. Sebaiknya juga memperbanyak kandungan tembaga seperti kepiting, tiram, minyak biji matahari, kacang mede dan kacang almond.
  • Tingkatkan Sirkulasi Darah. Peredaran darah yang lancar penting untuk mencegah rambut memutih. Tidak ada gunanya memakan semua vitamin dan mineral, apabila semua itu tidak dapat mencapai kulit kepala dan rambut. Untuk memperlancar peredaran, berolahragalah secara teratur. Perlu juga diperhatikan untuk memijat kulit kepala dengan ujung jari setiap harinya selama 5 hingga 10 menit.
  • Warnai Rambut. Namun, jika uban sudah terlanjur tumbuh dan banyak, cara-cara pencegahan di atas tidak bisa dilakukan. Anda hanya bisa melakukan pengecatan rambut. Sebaiknya gunakan pewarna rambut yang bagus sehingga tidak merusak rambut. Anda juga bisa mewarnai rambut menggunakan bahan-bahan alami seperti kemiri dan biji pepaya. Caranya, kemiri di sanggrai sampai berwarna hitam, kemudian ditumbuk hingga halus dan ditambah dengan sedikit air. Kemiri dioleskan ke seluruh rambut hingga merata, lalu didiamkan selama 20 menit. Setelah itu, rambut dicuci sampai bersih.
  • Sementara untuk biji pepaya, biji pepaya disanggrai, kemudian ditumbuk halus dan dicampur dengan minyak kelapa secukupnya. Oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala, lalu bungkus rambut dengan handuk. Biarkan selama dua jam. Sesudah itu rambut dibilas hingga bersih. Sebaiknya penggunaan minyak kemiri dan biji pepaya dilakukan rutin seminggu sekali selama tiga bulan. Jika rutin maka rambut akan kembali menghitam.
Semoga artikel tutorial kesehatan tentang Cara mencegah timbulnya Rambut Uban Putih Paling Ampuh dan Alami Usia Muda/Tua diatas bermanfaat bagi anda, jika anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anda bisa mengisi kotak komentar untuk menuangkan pendapat/konsultasi seputar kesehatan kepada kami, Insyaallah Akan saya balas segala komentar mengenai konsultasi kesehatan dibawah ini. 

NB : Jika saya belum membalas Komentar yang telah anda berikan, Berarti saya masih ada dijalan/Kuliah, untuk itu dimohon kesabarannya menunggu balasan dari kami. Terima kasih

Wassalamualaikum

No comments:

Post a Comment